Moeldoko: Akibat Covid-19, 13 juta turis di industri pariwisata menghadapi ancaman pengangguran

Laporan Reporter Tribunnews.com Jakarta Rina Ayu-Direktur Kantor Kepresidenan Jakarta Moeldoko mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak besar pada industri pariwisata dan mengancam jutaan orang pengangguran. Ia mengatakan kontribusi industri pariwisata dalam perekonomian Indonesia mencapai Rp1.200 triliun pada 2019.

“Dampak Covid-19 terhadap industri pariwisata mengkhawatirkan. Hotel dan akomodasi ditutup sementara, pusat perbelanjaan ditutup sementara, pusat perbelanjaan ditutup sementara, tujuan ditutup sementara, kafe dan restoran tutup sementara, MICE ditunda. Selain itu, pemberhentian pariwisata Ancaman, ”ujarnya dalam diskusi virtual, Sabtu (9/09, 2020). 13 juta pekerja langsung terancam oleh 13 jenis pariwisata – “Pada akhir tahun 2020, ketika seseorang di-PHK, dipecat, atau usaha mandiri mereka bangkrut, potensi jumlah pengangguran mencapai 6 juta,” kata Moeldoko. -Baca: Turis dan pendapatan dorong pelaku ekonomi aktif terdampak Covid-19 untuk menggunakan program PEN-sementara, 32,5 juta pekerja tidak langsung yang terkena dampak adalah UKM Parekraf, pengangkut uang, toko suvenir, penari, musisi , Pengrajin di kawasan wisata, pemasok hotel / hotel, pusat perbelanjaan / pengecer, dll.

Baca: Akibat Covid-19, dunia terus runtuh, dan industri pariwisata China berkembang secepat sebelum pandemi,

“Potensi kerugian setinggi yang dia katakan akan ada 15 juta pekerjaan di sini pada akhir tahun ini.

Mitigasi pariwisata – Moeldoko mencontohkan, Presiden Jokowi menginstruksikan mitigasi pariwisata dalam rapat terbatas pada April tahun lalu. Tiga instruksi dari Presiden Jokowi, ”ujarnya. Salah satunya adalah rencana jaminan sosial. Presiden menjelaskan bahwa dia harus mencapai tujuan dengan benar.

Kedua, redistribusi anggaran Kementerian Pariwisata saat ini harus ditujukan pada semacam program padat karya yang mempekerjakan pekerja. Ketiga, merumuskan rencana stimulus ekonomi bagi pelaku ekonomi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon