Kementerian Perindustrian siap memaksimalkan pengelolaan tambak udang Gorontalo dan siap mencari investor

Wartawan Tribunnews.com memberitakan Lita Febriani-TRIBUNNEWS.COM, Jakarta-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mendukung optimalisasi pengelolaan tambak Penaeus vannamei di Gorontalo, dan Rencanakan untuk memeriksa lokasi secara langsung. — Kementerian Perindustrian siap membantu Pemprov Gorontalo mencari calon investor industri pengolahan untuk mengembangkan kolam vannamei. — Tambak udang putih jenis ini dinilai memiliki potensi yang besar, selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri juga dapat mengisi pasar ekspor.

Baca: TKDN yang didorong Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan obat-obatan akan menjadi kawasan prioritas. Menteri Perindustrian 4.0 Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pihaknya akan mendorong peningkatan investasi. nts mengembangkan industrinya.

“Oleh karena itu, pemerintah bertekad menciptakan iklim yang kondusif untuk mengakselerasi sektor-sektor strategis,” kata Agus dalam keterangannya, Selasa (14/7/2020). Menurut data Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo, baru 54% dari 16.713 hektar tambak yang tersebar di Pohuhuato, Boalemo dan Gorontalo Utara saat ini digunakan. — Tidak hanya itu, sebagian besar tambak yang ada dikelola dengan cara tradisional. Dari Januari hingga September 2018, ekspor perikanan Gorontalo mencapai 40,2 ton, yang terbesar adalah udang vanilla, jenis udang ini sangat populer di kalangan masyarakat Jepang. Dalam rangka mendorong perkembangan sektor industri maka perlu didukung penyediaan sumber pangan budidaya. Sebagai daerah dengan garis pantai yang panjang, Gorontalo sangat cocok untuk pengembangan udang vanili.

Upaya pengembangan ini telah direalisasikan melalui program Kampong Varnum (KaVe) yang diluncurkan pada tahun 2016. Proyek KaVe dapat merangsang produksi vanili Gorontalo. KaVe terkonsentrasi di wilayah Boalemo, Pohuwato dan Gorontalo Utara. KaVe merupakan percobaan pengembangan udang vanili melalui budidaya udang intensif di tambak plastik (Busmetik) atau tambak buatan yang dilapisi plastik. Gubernur Gorontalo menjelaskan.

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon