Kementerian Perindustrian: PET dan PC galon air minum aman dikonsumsi

Jakarta TRIBUNNEWS.COM-General Manager Kementerian Perindustrian (Kempelin) Abdul Rohim mengatakan, produk air minum dalam kemasan (AMDK) mengandung galon polyethylene terephthalate (PET) dan Polycarbonate (PC) aman bagi konsumen. Pasalnya, AMDK telah lolos proses uji parameter Standar Nasional Indonesia (SNI) di laboratorium yang ditunjuk, dan sudah mendapatkan validitas Badan Akreditasi Nasional (KAN). Dan proses pembersihan galon galonnya, ”ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/8/2020). -Rochim lebih lanjut menjelaskan, di industri AMDK, ia memiliki produk dalam kemasan galon PET dan PC. Dua jenis kemasan Jenis Ia mengatakan: “Misalnya PET atau jenis PC yang dapat didaur ulang yang dapat digunakan kembali melalui proses pembersihan yang ketat dan tepat.”

Pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian Pangan tentang Peraturan Nomor 24 Tahun 2010 , Peraturan tersebut melibatkan pencantuman label kualitas pada kemasan makanan plastik dan peraturan daur ulang.

“Kami memastikan bahwa jenis PET dan PC disertakan dalam kemasan tersebut.” Ia mengatakan bahwa ini adalah bahan yang aman untuk makanan. ”

Rochem mengumumkan produk air minum dalam kemasan yang beredar di pasar dalam negeri telah memenuhi persyaratan SNI 3553: 2015, SNI 6241: 2015, SNI 6242: 2015 dan SNI. 7812: Standar 2013 memenuhi persyaratan sertifikasi produk persyaratan penggunaan Merek Standar Nasional Indonesia (SNI SPPT). Permenperin Nomor 78 Tahun 2016 diubah dalam Permenperin Nomor 26 Tahun 2019, menyangkut air mineral, air lunak, dan mineral alam. SNI Wajib Air Minum dan Embun Zat. SNI SPPT menjadi dasar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin distribusi pangan internal (MD) untuk produk AMDK agar bisa diperdagangkan di pasaran. Peraturan keamanan kemasan pangan juga diatur dalam Peraturan Kemasan Pangan BPOM 2019 No.20.

“Oleh karena itu, kami tegaskan bahwa pangan yang terdaftar di MD BPOM juga harus memenuhi persyaratan keamanan kemasan.” Kementerian Perindustrian mencontohkan, industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri yang selalu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. — Terlepas dari tekanan besar dari pandemi Covid-19, industri ini masih dapat tumbuh secara aktif. Pada triwulan II tahun 2020, industri makanan dan minuman tumbuh dengan rata-rata pertumbuhan tahunan sebesar 0,22%. (Year-on-year) .

Artikel ini dimuat di Kompas.com dengan judul “Kementerian Perindustrian Jamin Air Minum yang Aman dengan Galon PET dan PC”

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon