PSBB santai, mantan menteri keuangan: pengusaha masih kesulitan bayar sewa

Reporter Tribunnews.com Reynas Abdila-Jakarta Laporan TRIBUNNEWS.COM-Menteri Keuangan SBY Chatib Basri mengatakan dampak kebijakan pelonggaran PSBB telah memulihkan perekonomian, namun hanya dalam jangka pendek. . Chatib mengatakan saat webinar pembahasan APBN 2021 yang digelar Selasa (13/10/2020).

Ia mencontohkan bisnis, dari pusat perbelanjaan hingga restoran atau pusat perbelanjaan, jumlah pengunjung dibatasi dan dikurangi hingga 50%, namun biaya sewa tetap seperti biasa.

“Sewa tidak peduli sekitar 50% atau 100% pengunjung, dan pengusaha masih kesulitan membayar. Biaya tetap hanya 50% yang berarti perusahaan tidak bisa mencapai pertumbuhan ekonomi atau menjadi perusahaan zombie,” ujarnya. Chatib mencontohkan, yang terjadi saat ini adalah pengusaha hanya bekerja untuk mengembalikan pinjaman bank.

Menurutnya, hal inilah yang menghambat berkembangnya bisnis selama pandemi Covid-19. Ia menambahkan, efek jangka pendek juga tercermin dari indikator nasional seperti Purchasing Manager Index (PMI) dan Consumer Confidence Index (IKK). Indeks manufaktur PMI di bulan Maret adalah 45,3, dan kemudian turun tajam di 27,5 di bulan April dan 28,6 di bulan Mei.

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon