Antarmuka Pengguna Pengamat Ekonomi: Produktivitas tenaga kerja Indonesia terendah kedua di ASEAN

Jakarta, TRIBUNNEWS.COM – Produktivitas tenaga kerja Indonesia masih relatif sepele, karena relatif rendah dibandingkan dengan negara tetangga. Bahkan, pengamat ekonomi di Universitas Indonesia Faisala Faisal mengatakan bahwa produktivitas tenaga kerja di Indonesia adalah yang terendah kedua di Asia Tenggara.

Fithra percaya bahwa rendahnya produktivitas tenaga kerja juga mempengaruhi lambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, kita membutuhkan produktivitas. Ketika kita berbicara tentang produktivitas, kita berbicara tentang produktivitas tenaga kerja. Produktivitas tenaga kerja kita adalah yang terendah kedua di ASEAN,” kata Fisla dalam “oleh jaringan dividen demografis, Kamis (5/6). 04/23/2020) .————————————————————————————————————————————————————————————-—— Selama produktivitas tinggi, upah tinggi tidak akan menjadi masalah.

“Masalah upah dan gaji adalah bahwa ada kesenjangan besar. Upahnya tinggi dan tingkat produktivitasnya mandek. Ini membuat biaya produksi menjadi mahal, “kata Fisla.

Fisla mengatakan bahwa produktivitas tenaga kerja yang rendah di Indonesia juga mempengaruhi lambatnya pertumbuhan investasi Indonesia.

Karena produktivitas tenaga kerja menarik investor yang akan berinvestasi Menarik. Dia mengatakan: “Dibandingkan dengan Myanmar, pertumbuhan produktivitas yang tercatat dapat mencapai 80%. Ini merangsang minat investor untuk memasuki Myanmar.

Fithra mengatakan bahwa dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara, Indonesia masih belum dapat menarik investor untuk berinvestasi. – “Misalnya, ketika” sebagai investor, saya ingin memasuki Asia Tenggara, katanya, saya ingin pergi ke Vietnam, Thailand, Myanmar, Malaysia, dan Filipina, bukan Indonesia. RI dapat mengatasi masalah ini.

“Masalah produktivitas harus diselesaikan melalui undang-undang yang komprehensif,” kata Fithra. -Artikel ini berjudul “Meningkatkan Tenaga Kerja” di Kompas.com Pentingnya produktivitas “

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon