Bamsoet: Transmisi Covid-19 masih tinggi, jangan asal mengendurkan PSBB

JAKARTA, TRIBUNNEWS.COM-Bambang Soesatyo, Juru Bicara Konferensi Permusyawaratan Rakyat Indonesia, mengingatkan pemerintah untuk tidak terburu-buru atau mengendurkan batasan sosial skala besar (PSBB). Selain itu, pertimbangan dan keputusan mengenai relaksasi PSBB juga harus merespon pandangan para pejabat daerah. “Buruan. PSBB nggak perlu santai dulu sebelum bisa mengontrol kecepatan transmisi Covid-19 tanpa batasan sosial,” kata Bamsoet di Jakarta, Minggu (3/4/20).

Akhir pekan lalu, Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan untuk melonggarkan pembatasan sosial skala besar (PSBB) sebagai tanggapan atas pengaduan masyarakat yang tidak bisa leluasa menjalankan aktivitasnya selama PSBB. Pemerintah menyadari bahwa pengekangan yang berlebihan di masyarakat dapat menimbulkan stres, yang dapat mengakibatkan penurunan kekebalan dan melemahnya tubuh.

Mantan Ketua DPR RI ini menilai penyebaran Covid-19 tidak bisa dikendalikan. Tren ini tercermin dari peningkatan jumlah pasien per hari. Hingga Sabtu, 2 Mei 2020, jumlah pasien positif Covid-19 telah mencapai 10.843 akibat penambahan 292 pasien pada hari itu.

“Kebanyakan orang Jakarta ada 4.397 pasien. Sedangkan Jawa Barat dan Jawa Timur tercatat lebih dari 1.000 pasien dengan urutan sebagai berikut,” jelas Bamsoet, ”jelas Bamsoet.

So, Amerika Serikat Kepala Kemenhan FKPPI menegaskan masih diperlukan implementasi PSBB yang konsisten, khususnya di Jakarta sebagai episentrum Covid-19.

“Mirip dengan Jawa Barat dan Jawa Timur. Selain itu, PSBB Jabar baru akan dilaksanakan hingga 6 Mei 2020. Tentunya efektivitas PSBB dalam membatasi penyebaran Covid-19 perlu dievaluasi sebelum relaksasi. “Sama seperti mekanisme pengajuan PSBB, kelonggaran PSBB juga harus mendengarkan pertimbangan dari aparatur daerah. Diasumsikan bahwa para kepala daerah sudah lebih memahami kondisi di daerahnya masing-masing,” tutup Bamsoet.

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon