Dalam pandemi Covid-19, adaptasi digital lebih cepat diserap masyarakat

Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-Covd-19 Kondisi pandemi memaksa masyarakat semakin mengandalkan bantuan teknis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjalankan aktivitas sehari-hari di berbagai sektor.

Akibatnya, saat ini, konsumen telah mengalami perubahan besar dalam perilaku, seperti berbelanja, mengajar video untuk bekerja dan belajar, dan preferensi untuk pembayaran dan perjalanan.

Sektor industri harus cepat beradaptasi dengan perubahan ini untuk mewujudkan keinginan konsumen. Bagi perusahaan pembayaran elektronik yang komprehensif, perubahan kebiasaan dan perilaku telah mempengaruhi masyarakat dalam enam bulan terakhir sejak pandemi di Indonesia.

Survei menunjukkan bahwa perubahan gaya bekerja dan belajar ini akan berlanjut untuk beberapa waktu meskipun pandemi telah berakhir. Dalam pandemi tersebut, 77% pekerja masih ingin bekerja dari rumah karena sama produktifnya dengan di kantor.

Baca: Pandemi Covid-19 menjadi pendorong literasi dan transformasi digital

Berdasarkan hasil analisis Aino Indonesia tentang metode pembayaran publik melalui metode pembayaran, konsumen kini lebih memilih pembayaran non tunai, dengan memperhitungkan 56% pembayaran digital Indonesia.

Baca: Maybank: Perbankan digital Indonesia tumbuh paling cepat di Asia Tenggara – menurut perkiraan Boston Consulting Group, masyarakat akan tumbuh dari saat ini 47% menjadi 84% di Asia Selatan pada 2025.

Di tengah pandemi, akibat minimnya kontak fisik, masyarakat menilai peningkatan pembayaran digital ini lebih aman dan nyaman. Dengan uang tunai, masyarakat menemukan bahwa hanya dengan menggunakan ponsel pintar dan laptop yang dapat digunakan masyarakat secara langsung, kecepatan pembayarannya juga lebih cepat.

Pertumbuhan pembayaran digital juga sejalan dengan pertumbuhan minat masyarakat untuk berbelanja online. -Berdasarkan data MarkPlus.inc, belanja online meningkat dari 4,7% sebelum pandemi menjadi 28,9% selama pandemi. Sementara itu, data dari Redseer menunjukkan bahwa selama pandemi ini, 51% orang berbelanja online untuk pertama kalinya.

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon