Tanggapan Tokopedia terhadap apa yang disebut pencurian data: informasi pengguna masih aman

Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Sebanyak 15 juta data pengguna Tokopedia diyakini telah dibocorkan. Konon datanya telah dicuri sekitar Maret 2020.

Data yang dikumpulkan termasuk nama pengguna, email dan hash kata sandi yang disimpan dalam file database PostgreSQL. — File-file tersebut didistribusikan di forum online. Berkaitan dengan hal tersebut, Tokopedia pun mengaku berusaha meng-crack data pengguna.

“Mengenai masalah yang sedang berlangsung, kami menemukan adanya upaya untuk mencuri data dari pengguna Tokopedia”, kata Vice President Nokiai Razak. Komunikasi perusahaan di Tokopedia.

Meskipun ada konfirmasi atas upaya pencurian data tersebut, Tokopedia mengklaim bahwa informasi pengguna masih aman dan terlindungi.

Nuraini mengatakan bahwa kata sandi pengguna telah dilindungi dan dienkripsi. Selain itu, Tokopedia telah menerapkan sistem kode OTP (one-time password) yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun.

Namun demikian, Nuraini mengimbau pengguna untuk mengubah kata sandi akun mereka secara teratur untuk memastikan keamanan mereka.

Selain hashing kata sandi, nama, dan email, soket data juga menyertakan tanggal lahir, kode aktivasi email, kode pengaturan ulang kata sandi, detail lokasi, ID Messenger, hobi, pendidikan, waktu pembuatan akun ( Sampai koneksi terakhir).

Baca: Sediakan layanan dark travel untuk orang yang berniat pulang melalui Facebook, harga yang dituju Rp 500.000

Tokopedia mengaku sedang melacak masalah ini.

“Saat ini, kami melanjutkan penyelidikan, dan demikian kata Nuraini dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (5 Februari 2020).

Baca: Pevita Pearce Umumkan Sophia Latjuba Perankan Sri Rencana film Asih-Sebelumnya, akun Twitter @underthebreach mengabarkan bahwa data sekitar 15 juta pengguna Tokopedia telah dibagikan di forum-forum gelap. Itu didapat sekitar Maret. ——

– Foto-fotonya tergolong kaya.Akun Tokopedia berisi banyak informasi pribadi pengguna dalam file database (dump), termasuk nama akun, email, tanggal lahir, waktu koneksi terakhir, Nomor telepon dan beberapa data pribadi lainnya .

Artikel itu dimuat di Kompas.com dengan judul 15 juta pengguna yang diduga bocor, upaya Tokopedia untuk mencuri data pengguna

Leave a Comment

download s128 apk_s128 apk_adu ayam saigon